Komponen Software Quality Assurance (SQA) :
A. Pre-proyek
B. Penilaian aktivitas daur hidup proyek
C. Pencegahan dan perbaikan infrastruktur proyek
D. Manajemen Kualitas Perangkat Lunak (MKPL)
E. Standarisasi, sertifikasi, dan penilaian dalam sistem SQA
F. Organisasi SQA -> komponen manusia
A. PRE-PROYEK
Menjamin atas :
· Komitmen bahwa proyek sesuai dengan sumber daya, jadwal, dan anggaran yang telah ditentukan
· Pembangunan dan rencana kualitas telah ditentukan dengan benar
Pre-Proyek terdiri dari :
· Kontrak review
- Klarifikasi kebutuhan pelanggan
- Review jadwal proyek dan perkiraan kebutuhan sumber daya
- Evaluasi kemampuan staf profesional untuk melaksanakan proyek
- Evaluasi kemampuan pelanggan untuk memenuhi kewajibannya
· Pembangunan dan rencana kualitas
- Jadwal
- Kebutuhan manpower dan sumber daya hardware
- Evaluasi risiko
- Persoalan organisasi : anggota tim, sub kontraktor, dan rekanan
- Metodologi proyek, tools pengembangan, dll
- Rencana penggunaan ulang perangkat lunak (PL)
B. Penilaian aktivitas daur hidup proyek
Ada dua tahap, yaitu :
- Tahap siklus hidup pengembangan : mendeteksi kesalahan desain dan programming
- Review
- Pendapat ahli
- Pengujian PL
- Jaminan kualitas untuk pekerjaan sub kontraktor dan kesediaan pelanggan
- Tahap operasi maintenance
- Corrective maintenance
- Adaptive maintenance
- Functionality improvement maintenance
- Komponen pre-maintenance :
- Maintenance kontrak review
- Rencana maintenance
- Komponen infrastruktur SQA :
- Prosedur maintenance dan instruksi
- Dukungan perlengkapan kualitas
- Maintenance pelatihan staf, pelatihan ulang, dan sertifikasi
- Tindakan preventive dan corrective maintenance
- Manajemen konfigurasi
- Kontrol dokumentasi maintenance dan laporan kualitas
- Kontrol manajerial komponen SQA :
- Kontrol maintenance servis
- Metriks maintenance kualitas
- Biaya maintenance kualitas
C. Pencegahan dan perbaikan infrastruktur proyek :
- Tujuan utama : untuk melenyapkan atau mengurangi error yang didasarkan atas pengalaman SQA organisasi
- Mencakup :
- Prosedur dan instruksi pekerjaan
- Template dan checklist
- Pelatihan staf, pelatihan ulang, dan sertifikasi
- Tindakan pencegahan dan perbaikan
- Kontrol dokumentasi
D. Manajemen Kualitas Perangkat Lunak (MKPL) :
Merupakan pelengkap dari beberapa tujuan, salah satunya adalah mengontrol aktivitas pembangunan dan perawatan serta memperkenalkan lebih awal dukungan manajerial untuk mencegah atau meminimalisir kegagalan jadwal dan anggaran serta akibatnya
- Terdiri dari :
- Kontrol progress proyek (mencakup kontrol kontrak maintenance)
- Penggunaan sumber daya
- Jadwal
- Aktivitas manajemen risiko
- Anggaran
- Metriks kualitas PL
- Kualitas pembangunan PL dan aktivitas maintenance
- Pembentukan kelompok produktivitas
- Help desk dan maintenance tim produktivitas
- Tingkat kegagalan PL
- Selisih jadwal
- Biaya kualitas PL
- Kontrol progress proyek (mencakup kontrol kontrak maintenance)
E. Standarisasi, sertifikasi, dan penilaian sistem SQA :
Tujuan :
- Pengetahuan profesional internasional
- Perbaikan koordinasi kualitas sistem organisasi dengan organisasi lain yang sejenis
- Penilaian pencapaian kualitas sistem sesuai dengan skala umum
Standar yang digunakan :
- Standar manajemen kualitas : SEI CMM, ISO 9001, dan ISO 9000-3
- Standar proses proyek : IEEE 1012, ISO / IEC 12207
F. Organisasi SQA -> komponen manusia :
Memiliki aktor-aktor :
- Manajer
- Personal pengujian
- Unit dan praktisi SQA yang tertarik pada kualitas PL
Tujuan utama :
- Memulai dan mendukung pelaksanaan komponen SQA
- Mendeteksi deviasi dari prosedur SQA dan metodologi
- Mengusulkan perbaikan komponen SQA
Peran manajemen dalam SQA :
- Mendefinisikan kebijakan dalam kualitas
- Secara efektif menindaklanjuti pelaksanaan kebijakan kualitas
- Alokasi kecukupan sumber daya untuk melaksanakan kebijakan kualitas
- Menugaskan staf yang mampu
- Menindaklanjuti pemenuhan prosedur jaminan kualitas
- Penyelesaian jadwal, anggaran, dan kesulitan hubungan dengan pelanggan
Unit SQA :
- Menyiapkan laporan program kualitas
- Konsultasi dengan staf dan ahli dari luar dalam permasalahan kualitas PL
- Memimpin internal audit jaminan kualitas
- Kepemimpinan dari panitia jaminan kualitas
- Mendukung komponen infrastruktur jaminan kualitas yang ada dan memperbaruinya serta membangun komponen baru
Pengawas, panitia, dan forum SQA :
- Penyelesaian tim atau unit lokal masalah kualitas
- Mendeteksi deviasi dari prosedur kualitas dan instruksi
- Menginisialisasi perbaikan komponen SQA
- Pelaporan ke unit SQA tentang permasalahan kualitas di dalam tim atau unit
Issue utama dalam panitia :
- Solusi masalah kualitas PL
- Analisis masalah dan laporan kegagalan sebaik laporan lain, diikuti inisialisasi tindakan perbaikan dan pencegahan yang tepat
- Inisialisasi dan pembangunan prosedur baru, pelaksanaan dan perbaharuan bahan yang ada
- Inisialisasi dan pembangunan komponen SQA yang baru serta perbaikan komponen yang ada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar